ayam tiren

Ayam Tiren, Halal Atau Haram?

Posted on

Ayam tiren adalah ayam kadaluarsa atau disebut ayam yang sudah mati kemaren. Karena sudah mati kemaren, maka orang-orang menyebutnya dengan ayam tiren. Pada dasarnya, ayam tiren merupakan ayam bangkai. Hal itu karena ayam yang mati tersebut bukan karena disembelih pada saat masih hidup, melainkan ayam mati disebabkan daya tahan tubuh ayam itu buruk atau terkena penyakit tertentu.

Beberapa ayam tiren ini ada yang memang sengaja disembelih untuk dijual, agar pembeli tidak curiga. Pedagang biasanya mengakali hal itu dengan cara memberi pewarna pada ayam tiren agar tampak segar. Daging ayam tiren akan dijadikan sebagai daging olahan yang dicampur dengan aneka bumbu dan bahan tambahan lainnya.

Ayam Tiren

Salah satu produk makanan kadaluarsa adalah ayam tiren. Daging ayam tiren ini tentu tidak sehat, karena dalam daging ayam tiren mengandung darah yang pada umumnya mengandung urid acid yang merupakan racun berbahaya bagi kesehatan. Urid acid yang ada dalam tubuh akan dibawa darah, kemudian dibuang melalui ginjal.

Kandungan mikroorganisme pada daging ayam tiren meningkat dari kondisi aman untuk dikonsumsi. Dalam penelitian yang dilakukan oleh Anggara Wahyu Dwiatmaha, mahasiswa jurusan fisika, fakultas sains dan teknologi, UIN Sunan Kalijaga, tentang “karakteristik resistensi daging ayam tiren dan daging ayam normal” menjelaskan bahwa daging ayam tiren memiliki resistensi lebih rendah dibandingkan dengan daging ayam normal. Hal itu karena ayam tiren tidak melalui proses penyembelihan sehingga masih terdapat darah yang mengendap di dalamnya.

Pengendapan darah dalam daging ayam tiren tersebut bisa menyebabkan konduktivitas bertambah sehingga resistensi daging ayam tiren menjadi lebih rendah. Oleh karena itu, daging ayam tiren lebih mudah ditumbuhi bakteri penyebab penyakit.

Efek Makan Ayam Tiren

Apa saja efek makan ayam tiren? daging ayam tiren berbahaya bagi kesehatan tubuh karena mengandung bakteri berbahaya yang menyebabkan penyakit lambung dan diare.

Menurut pakar Gizi IPB, kandungan bakteri salmonella dalam ayam tiren akan semakin banyak, ketika jarak kematiannya dengan jarak konsumsi itu lama. Bakteri salmonella adalah suatu genus bakteri enterobakteria berbentuk tongkat. Bakteri tersebut dapat menyebabkan penyakit tipus, paratifod, dan penyakit foodborn.

Ciri-ciri Daging Ayam Tiren

Agar Anda selamat dari tipu daya para pedagang ayam tiren, maka Anda perlu mengetahui apa saja ciri-ciri ayam tiren serta bagaimana cara membedakan ayam tiren dan ayam segar. Berikut ciri-ciri daging ayam tiren, yakni sebagai berikut.

  • Daging ayam tiren beraroma agak amis.
  • Kulit pucat berwarna kebiru-biruan, dan tidak segar.
  • Bercak-bercak darah terdapat pada bagian kepala atau leher ayam

Harga Ayam Tiren

Berapa harga ayam tiren di pasar? Biasanya harga daging ayam tiren terbilang lebih murah. Jadi, waspadalah jika ada pedagang yang menjual daging ayam dengan harga lebih murah daripada harga pasaran. Harga yang ditawarkan untuk ayam tiren biasanya lebih murah dari 30%, misalnya standar harga daging ayam adalah Rp. 40.000/kg, maka daging ayam tiren dapat dijual dengan harga Rp. 30.000/kg. Hati-hati ya terhadap harga murah ini.

Ayam Tiren Halal Atau Haram?

Bagaimana hukum memakan ayam tiren? Setelah membaca ulasan di atas, tentu Anda sudah mengetahui bahwa ayam tiren adalah makanan kadaluarsa yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Jadi, sebaiknya Anda memilih ayam segar untuk dikonsumsi. Admin otasushi juga menjelaskan ayam tiren secara lengkap, jadi baca baik-baik ya.

Menurut admin otasushi, ayam tiren termasuk jenis makanan haram untuk dimakan karena berbahaya untuk kesehatan tubuh. Setiap yang membahayakan untuk tubuh, itu tidak boleh dikonsumsi. Namun jika Anda tidak mengetahui apakah daging ayam yang sudah Anda beli itu ayam tiren atau ayam segar, maka itu tidak menjadikan hukumnya haram, karena Anda belum tau.

Demikian ulasan tentang ayam tiren, mulai dari ayam tiren adalah ayam yang sudah mati kemaren, ciri-ciri ayam tiren, efek makan ayam tiren, hingga hukum memakan ayam tiren. Terkait ayam tiren, halal atau haram? begitulah pendapat dari admin otasushi.

One thought on “Ayam Tiren, Halal Atau Haram?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *