apakah makanan lezat aman dikonsumsi

Apakah Makanan Lezat Selalu Aman Dikonsumsi?

Posted on

Apakah makanan lezat selalu aman dikonsumsi? ini salah satu pertanyaan yang bagus. Tidak semua makanan lezat selalu aman dikonsumsi. Pada faktanya, ya memang ada makanan lezat yang aman dan tidak aman untuk dikonsumsi. Dengan dikemas sedemikian rupa, maka makanan yang sebenarnya mengandung zat berbahaya di dalamnya akan tampak seperti makanan lezat pada umumnya. Tanpa disadari, bisa saja Anda sudah mengonsumsinya hari ini.

Apakah Makanan Lezat Selalu Aman Dikonsumsi?

Ibu Budi tertegun dan matanya sedari tadi tak lepas dari layar televisi saat menonton acara di sebuat stasiun televisi swasta tentang membongkar kecurangan penjual sosis. Penjual itu, ternyata menggunakan daging ayam yang sudah mati kemarin atau “ayam tiren”, menambahkan boraks, menggunakan pewarna tekstil, dan sebagainya.

Ketika menyimak acara tersebut di televisi, ibu Budi tampak merinding. Ternyata, makanan sosis yang selama ini sudah dia dan keluarganya konsumsi mengandung zat berbahaya. Makanan yang pada awalnya tampak lezat dan sehat, ternyata dibuat dari bahan yang tidak layak serta membahayakan kesehatan.

Memang pada masa lalu, setiap orang memproduksi, mengolah, serta memasak makanannya sendiri. Namun seiring berkembangnya zaman yang semakin modern, tuntutan akan hal praktis, gengsi, dan hal lainnnya membuat mereka beralih ke makanan olahan yang serba instan.

Makanan olahan ini dapat diproduksi di pabrik atau rumahan. Makanan hasil olahan itulah nanti akan dijual di supermarket, minimarket, pasar tradisional, serta di pinggir jalan atau bahkan di sekolah.

Ada banyak macam jenis dari makanan olahan ini, produsennya juga tak kalah banyak. Salah satu contoh, makanan sosis, ada banyak ratusan jenis sosis dan merk sosis di luar sana. Contoh lain yaitu bakso, ada bakso daging sapi, bakso daging ayam, bakso ikan, bakso kikil, bakso goreng, bakso beranak, dan lainnya ada di pasaran. Karena persaingan dagang makanan olahan yang semakin ketat inilah yang membuat beberapa produsen mengakali dengan berbagai trik agar biaya produksi menjadi murah, salah satunya yaitu dengan menggunakan bahan yang tidak layak atau “bahan kadaluarsa” dan bahan berbahaya lainnya.

Fakta Makanan Yang Tidak Aman Dikonsumsi

Masih ada hal yang mencengangkan lagi, buah kini sudah tidak menjadi makanan sehat, kecuali Anda menanamnya sendiri, dan memanen hasil kebun sendiri yang tumbuh alami buahnya. Temuan dari Bdan Karantina pada tahun 2011, ada sekitar 1000 ton buah impor yang ditolak masuk ke Indonesia karena mengandung berbagai zat kimia berbahaya, seperti formalin dan pewarna lain.

Sedangkan buah impor yang sudah masuk ke Indonesia juga tak kalah banyak. Di Makassar, pada Desember 2012, telah ditemukan peredaran buah berformalin. Hasil uji laboratorium Badan Ketahanan Pangan Sulawesi Selatan menemukan di beberapa supermarket, buah kelengkeng impor yang diambil secara acak ternyata mengandung formalin, yakni bahan campuran pengerat kayu, atau bahan untuk mengawetkan mayat.

Di Yogyakarta, Badan Ketahanan Pangan saat penyuluhan pada tahun 2013 menemukan buah impor anggur dan apel yang berformalin. Uji sampel diambil dari kios buah impor di pasar Wates dan kios pedagang buah lainnya.

Agar terhindar dari buah berformalin ini, sebaiknya Anda memiliki kebun buah sendiri di rumah. Menanam buah itu sendiri, dan menikmati hasil panen untuk dimakan, tentu akan lebih menyehatkan untuk tubuh.

Contoh Makanan Yang Berbahaya Untuk Dikonsumsi

Sosis dari ayam tiren dan buah berformalin merupakan beberapa contoh dari banyaknya makanan yang berbahaya. Waspadalah, masih banyak makanan berbahaya lainnya yang tidak Anda duga.

Apa saja makanan yang digolongkan berbahaya, dan kriteria apa yang digunakan untuk menyebut makanan itu berbahaya? Semuanya akan dibahas pada ulasan selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *